Sebuah Coretan tentang Cinta

Sabtu, 26 Desember 2009

Sebuah Coretan tentang Cinta
oleh Shela

Bismillaahirrohmaanirrohiim….
Apakah Anda pernah jatuh cinta? seperti apa rasanya? tolong beritahu aku…
Apakah jantung Anda akan berdegup sangat kencang jika bertemu atau memikirkan seseorang? Ataukah tangan dan kaki Anda berkeringat dingin ketika hanya bertemu, melihat atau mendengar suaranya? begitukah cinta yang anda rasakan…?

Cinta, kegelisahan yang menyenangkan, kerinduan yang mendalam, selalu teringat akan kekasih, bernyanyi tentang lagu-lagu cinta. Sangat banyak syair-syair lagu yang berisi tentang cinta. Namun, apakah kita sudah benar-benar tau apa itu cinta?

Erich fromm dalam The Art of Loving-nya menyatakan:
Immature Love say, “I Love You, because I need You”, Mature love say,” I Need You, because I Love You”.

Disini Erich Fromm membahas tentang kedewasaan cinta. Cinta yang tidak dewasa hanya mencintai karena membutuhkan. Jadi dia mengharapkan imbalan. Cinta yang seperti ini juga disebut Having Mode atau modus memiliki.

Sedangkan cinta yang dewasa, dia mencinta dengan tulus tanpa mengharapkan balas jasa dari orang yang dicintai. Cinta disini bersifat bebas dan membebaskan tanpa tekanan. Cinta ini telah beranjak dari cinta yang penuh cemburu ke cinta yang penuh bahagia dan mendamaikan.

Obyek cinta disini bukan lagi sebuah barang yang harus dimiliki yang akan menyiksa obyek maupun subyek. Namun, cinta ini adalah cinta yang penuh dengan akal sehat, membahagiakan, memberikan inspirasi, memberikan kekuatan, dan akan selalu memberikan kedamaian bagi kehidupannya. Meskipun obyek cinta itu berada jauh atau bahkan tak terjangkau, cinta itu tetap membuat hidupnya bahagia.

Cinta itu damai dan mendamaikan. Kebahagiaan dalam cinta bukan dalam hal memiliki obyek cinta tapi cukup dengan merasai cinta itu sendiri. Dia hanya cukup bahagia dengan perasaan cinta yang ada dalam hatinya tanpa ada tuntutan untuk memiliki dan adanya kehadiran sang cinta disisinya.

Indahnya cinta menurut Habiburrahman El-Shirazy dipaparkan dalam novel Ketika Cinta Bertasbih-nya:
Cinta adaah ketaatan dan kepatuhan
Dan cinta bukanlah kemaksiatan
Cinta adalah keindahan
Cinta adalah kelembutan
Dan cinta adalah kebaikan-kebaikan
Bukan keburukan-keburukan
Cinta adalah burung perdamaian
Duta langit untuk kehidupan bumi
Yang memancarkan kasih sayang
Kelembutan, kearifan, dan kebajikan
Muara bagi segenap keluhuran

Sungguh indah cinta. Begitu tulus cinta. Begitu luhurnya cinta, begitu sucinya cinta,
Bahkan sahabat nabi Muhammad saw berpendapat:
“ Barangsiapa bercinta dengan kelembutan dan menjaga kerahasiaan cintanya, lantas meninggal, maka dia meninggal dalam kedaan syahid”

Tidak ada kata yang mampu memaparkan apa itu cinta kecuali cinta itu sendiri. Cinta itu sangat kompleks. Begaimana pendapatmu tentang cinta...? buatlah sendiri dalam hatimu makna cinta itu….kau kan bahagia dengan CINTA-mu…SELAMAT MERASAKAN CINTA….

Karena itu,mencintailah dengan senyuman….
Salam PEACE n LOVE……

0 komentar:

Posting Komentar