I do not care (gak pantas untuk anak jalanan )

Sabtu, 26 Desember 2009

I do not care (gak pantas untuk anak jalanan )
[ds/c],

Apakah kata-kata itu selalu keluar dari orang-orang yang lewat dijalan?
Padahal mereka membutuhkan pemberian kita dan harapan yang besar terhadap kita, mereka juga punya cita-cita mereka sebenarnya juga tak mau seperti itu, ingin berhasil meraih apa yang di cita-citakan dari kecil!

Suatu hari aku terpana melihat seseorang yang tak canggung berbincang-bincang dengan mereka, Wanita muda itu keluar dari mobil Jazz merah sambil membawa tas plastik berisi makanan dan membawa beberapa buah buku dan menghampiri para anak jalanan itu, dia memberikan makanan kepada mereka dan buku bacaan cerpen dan buku pelajaran, wanita itu mengajarkan sesuatu sambil bercanda dengan riang anak-anak itu pun tertawa dengan senangnya.

Setelah itu dia tidak hanya mengajarkan dari buku pelajaran itu sendiri, dia belajar menyanyi dan kesopanan, hari itu aku ingat terus hampir setiap kali aku lewat jalan itu aku pasti berhenti dan melihat wanita kaya, cantik dengan mobil Jazz yang merah itu bergurau dengan anak-anak jalanan.

Ternyata ada ya orang sebaik itu dan tidak membedakan perbedaan yang sangat mencolok itu seorang kaya dengan anak jalanan???? Apakah sekarang kita diam saja dan berkata “ I do not care “ Orang yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar??? selalu negatif dalam memadang mereka? Apakah kita pernah berfikir apa yang sedang mereka fikirkan di pinggir jalan.

Tulisan diatas sangat sederhana. (sesederhana inikah tulisan di damarsantri?) Tidak, lebih dari itu. Ada sebuah pertanyaan yang akan kita tarik: Apakah kata-kata itu yang selalu menjadi refleksi cara berfikir kita?

Pernahkah berfikir bagaimana adek-adek kita ketika gede nanti tidak bisa membaca Al Qur’an (ke TPA ya...). Atau terkait kebersihan, atau terkait bagaimana menjaga nama baik Pondok Pesantren ini, atau terkait keamanan dan ketertiban, atau terkait apapun. Apakah sekarang kita diam saja dan berkata “ I do not care ” [ds/c]

0 komentar:

Posting Komentar