Workshop Lembaga Seni Pesantren

Jumat, 28 Agustus 2009

Workshop Lembaga Seni Pesantren


Oleh : Redaksi

Pagi itu, hari tampak cerah. Secerah rona wajah santri2 WeHa dalam menyambut pagi (pengecualian bagi yang terbiasa molor..). Pagi itu memang tak tampak istimewa bagi sementara orang. Tapi bagi kami, pagi itu lazim disambut oleh semangat yang meraja. “Kami” disini adalah panitia workshop eL-SiP ke IX. Setelah kemaren sukses mengadakan Haflah ke VIII, kami harus melanjutkan perjalanan menuju workshop, karena itu memang telah menjadi agenda tahunan eL-SiP. Alhamdullah workshop eL-SiP tahun ini baru saja selesai. Selesai dengan menyisakan cerita2 yang mungkin tak kunjung henti bila dituliskan disini.

Workshop kali ini cukup mendapat respon hangat dari teman2 santri baru, meski awalnya sempat tersendat-sendat. Hal itu paling dirasakan oleh PJ asrama yang tiap harinya harus keliling kamar (padahal udah dipasang pengumuman, tinggal daftar aja to!!). Kendalanya yang pertama kemungkinan adalah minimnya pemahaman santri mengenai eL-SiP. Sehingga PJ harus menjelaskan secara detail mengenai eL-SiP sebelum akhirnya santri2 pun mau daftar. Lebih ironis lagi, ada santri putri yang daftar, motivasi masuk eL-SiPnya “karena dipaksa mbak Rani”(haahh,ga ada alasan lainnya yang lebih relevan pow?).Tapi hal ini sangatlah wajar, mengingat santri2 baru belum begitu mengenal eL-SiP maupun lembaga2 lainnya. Kendala yang kedua adalah dari pihak panitia sendiri. Selain kami termasuk pengurus baru di eL-SiP--yang sebagian dari kami (sebelum disini) bukanlah organisatoris--, kami juga agak kelimpungan mendapati hari H workshop yang mepet dengan rapat perdananya. Yakni sekitar 2 minggu. Tapi itu pun tak masalah. Berkat usaha keras dari temen2 panitia, jiwa kebersamaan yang kuat--dan rahmat dari Allah tentunya--, kita mampu merampungkannya dengan tiada halangan yang berarti. Salut buat segenap panitia!! .

Yang terakhir, sekedar pemberitahuan bagi anggota baru eL-SiP yang mungkin masih ngeblank tentang eL-SiP. eL-SiP yang notabene menjadi salah satu lembaga eksternal di WeHa, juga mengharapkan generasi baru agar tetap eksis. Dan generasi itu adalah kalian wahai santri2 baru!. Kita adalah anggota eL-SiP. Eksis dan tidaknya eL-SiP ada di tangan kita. Oleh karenanya, mari bersama2 kita mengekspresikan dan mengembangkan seni pesantren lewat eL-SiP, baik yang sastra, kaligrafi, rebana-qosidah, dan tilawah. Semua itu tentunya ada manfaatnya bagi diri kita. Yakinlah bahwa kita senantiasa berada pada posisi yang tepat. Selanjutnya kami segenap panitia mengucapkan selamat atas anggota baru eL-SiP. Semoga ini adalah awal yang baik, dan berakhir dengan baik pula dengan tetap mendapat ridlo dari Allah. Hidup buat eL-SiP, semoga tetap jaya!!amiiin..

0 komentar:

Posting Komentar