Unit Kesehatan Santri Husada

Jumat, 28 Agustus 2009

Unit Kesehatan Santri Husada
Organisasi Santri Wahid Hasyim


Oleh : Redaksi

Terkait layanan kesehatan santri, Oswah 2/3/09 membentuk kepengurusan UKSH baru. Berikut adalah wawancara Damarsantri dengan ketua UKSH.


Apa itu UKSH?

UKSH itu singkatan dari Unit Kesehatan Santri Husada yang khusus menangani bidang kesehatan yang bersifat layanan pada santri Wahid Hasyim. UKSH itu terdiri dari tiga bidang, pertama bidang kesehatan, kedua bidang pelayanan dan penyuluhan dan ketiga, bidang humas.

Tentang Program Kerja Kedepan?

Sementara belum disusun. Cuma sekarang lebih fokus pada agenda yang sifatnya mendesak atau darurat seperti penanganan santri yang sakit khususnya takhasus. Upaya pemberian pertolongan pertama atau identifikasi penyakit khususnya oleh pengurus UKSH.

Tentang Teknis Pelayanan Kesehatan?

Teknis pelayanan santri sakit, bila ada santri sakit khususnya takhasus diusahakan pembina yang jadi pengusus UKSH itu tahu bahwa anaknya sakit. Teknis pelayanan kesehatan. Contohnya kalau ada santri yang sakit pelayanannya itu gimana, identifikasi itu gimana apa perlu dibawa ke rumah sakit atau tidak terus kalau perlu sampai ke rumah sakit prosedur disana itu gimana mulai dari yang mengantar, masalah biaya dan sebagainya fokusnya sekarang baru tiga itu.

Terkesan santri-santri takhasus yang lebih diprioritaskan daripada Mahasiswa?

Lha itu kan agenda terdesaknya memang takhasus. Sementara kalau sudah ada program kerja ntar ada pendataan golongan darah, pemerikasaan golongan darah, penyuluhan tentang kesehatan, ya masih banyak.

Tentang Obat-obat dan Inventaris UKSH?

Senentara yang ada baru obat-obat luar, obet merah, alcohol, sudah ada tapi dalam jumlah terbatas. Proyek pengadaan obat masih dalam rencana dan untuk himbauannya untuk setiap asrama untuk bisa mangadakan penyediaan obat.

Tentang pembagian tugas divisi-divisi di UKSH?

Bidang Kesehatan itu diisi oleh perwakilan Pembina masing-masing asrama takhasus baik putra atau putri dengan harapan pengurus UKSH yang pembina yang ditunjuk sebagai pengurus itu diharapkan lebih fokus memberikan perhatian pada anak-anak takhasus. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan itu tidak terjadi seperti keluhan wali santri ketika anaknya sakit ketika katerlambatan itu terjadi.

Bidang pelayanan dn penyuluhan kegiatannya lebih luas daripada yang pertama. Sifatnya memberikan pelayanan umum kepada santri baik takhasus maupun mahasiswa. Salah satu kegiatan konkritnya nanti mengadakan kerjasama dengan Puskesmas Depok 2 untuk mengadakan pemeriksaan di Pondok Pesantren ahid Hasyim yang waktunya nanti dilaksanakan dua kali dalam satu bulan yaitu minggu ke 2 dan minggu ke 4. Mulai bulan Maret, InsyaAllah.

Bidang humas lebih sebagai penghubung dengan pihak lain, pihak di luar UKSH atau diluar pondok. Contohnya ya kerjasama dengan Puskesmas tadi atau dengan Dinas Kesehatan.

Sumbar dana UKSH?

Dari Oswah. UKSH sebagai badan semi otonom. Untuk dana kegiatan itu dari Oswah.

Pesan-pesan dari UKSH?

Kesehatan itu kan kebutuhan pribadial. Pesannya kita sebagai santri lebih meningkatkan sensitifitas ketika temannya sakit. Artinya kalau temannya sakit itu kita tau dia sakit apa, ya, intinya kita itu mau menolong.

Ideal Keberhasilan UKSH?

Idealnya kalau sudah punya klinik sendiri. Klinik pesantren, kalau sudah punya apotek sendiri. Idelnya kalau udah punya klinik pesntren maka pelayanan terjamin

Pesan/kesan buat Damarsantri?

Moga DS tambah maju, bisa menjadi salah satu penyalur informasi santri. Terus menyajiakn informasi yang berimbang. DS disini kan menempati posisi penting untuk pemahaman publik.

0 komentar:

Posting Komentar