Perkembangan Teknologi dan Informasi, Jangan Sampai Membutakan Kita dengan Dunia

Jumat, 28 Agustus 2009

Perkembangan Teknologi dan Informasi, Jangan Sampai Membutakan Kita dengan Dunia


Oleh : Ismail Smile

Seperti kita ketahui saat ini, terasa atau tidak terasa, suka atau tidak suka, kita sedang terbawa oleh perubahan zaman yang sangat besar yang menyangkut segala aspek kehidupan menuju suatu era yang disebut dengan era globalisasi. Sejauh mana kita berperan serta dalam era globalisasi tersebut. Sebenarnya yang diinginkan bangsa Indonesia adalah kita sebagai bangsa yang besar harus dapat berperan serta positif dalam era globalisasi ini, kita tidak ingin hanya menjadi obyek dan bulan-bulanan bangsa lain.Oleh sebab itu kita harus mempersiapkan diri sedini mungkin untuk menyongsong era tersebut, karena kita adalah sumber daya manusia dimasa yang akan datang.

Perkembangan teknologi komputer dan informasi yang demikian pesat seringkali tidak diimbangi dengan sumber daya manusia yang mampu mengoperasikan maupun mengoptimalkan pemanfaatannya. Banyak orang masih dihinggapi oleh penyakit "gagap teknologi", dimana menggunakan komputer beserta aplikasi-aplikasinya lebih dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan ketimbang memudahkan. Sebenarnya, hal ini bukanlah sesuatu yang mengherankan mengingat untuk bersentuhan dengan teknologi ini, kita memang dituntut untuk memiliki beberapa kemampuan tertentu. Selain sedikit penguasaan bahasa Inggris, juga pemahaman terhadap istilah-istilah serta terminologi teknis yang terkadang membingungkan dan sulit dimengerti.

Maka kita sebagai sorang santri (warosatul anbiya) , penerus bangsa ini. Karenanya kita harus akrab dengan dunia teknologi dan informasi, jangan sampai seorang yang diharapkan untuk memimpin bangsa ini "gagap teknologi", buta informasi, tentang kemajuan dunia. Seandainya seorang santri bisa mengusai tentang dunia teknologi and informasi, alangkah indahnya negri kita ini yang mana penduduknya akrab dan dekat dengan teknologi dan informasi.

Jangan sebut orang gila bila ia memegang telinganya dengan telunjuk dan ibu jari lalu bicara sendiri di keramian, padahal ia sedang menelpon temannya!!!!!!!! Jangan sampai kita ketinggalan jauh, sadarlah wahai teman bangunlah dari tidurmu, beranjaklah dari tempat tidurmu tuk meraih, tuk menimba ilmu teknologi and informasi yang sangat mendunia ini. Belajarlah, bacalah and amatilah perkembangan teknologi ini. Janganlah memandang sebelah mata tentang teknologi, karena kamu hanya dapat satu sisi dari teknologi, bukalah mata kalian, pandanglah dengan kedua mata, maka kalian akan mendapatkan sebuah kesimpulan tentang teknologi, janganlah berpikir negatif tentang teknologi and informasi, buanglah pikiran negatif kalian sesungguhnya dibalik kenegatifan itu ada sisi positifnya yang mana mungkin lebih baik........

Wahai kawan rubahlah kalimat "gagap teknologi" bagi anda menjadi "akrab teknologi". Niscaya kamu pasti akan tambah wawasan. And yang pasti anda enggak "ndeso" lagi........ sukses bagi anda....

Buletin Damarsantri
Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta
Jl. K.H. Wahid hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta
http://damarsantri.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar